Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Totoks.com – Ginjal merupakan organ sangat vital yang ada didalam tubuh, karena sangat Vitalnya maka kita harus benar-benar menjaganya.

Karena jika saja Ginjal terserang penyakit sedikit saja maka roda perputaran dan sirkulasi didalam tubuh menjadi timpang.

Fungsi ginjal sebagai penyaring darah menjadi terganggu apabila Ginjal terserang penyakit. Saat proses penyaringan darah kemudian terbentuklah urine, tetapi saat Ginjal sakit maka proses pembentukan urine juga akan terganggu.

Urine terbentuk dari zat sisa dan kelebihan cairan dari dalam tubuh, proses ini tidak dapat maksimal jika ginjal sakit.

Banyak orang menyesal saat mereka mengetahui bahwa Ginjal mereka terserang penyakit. Tetapi mereka tidak mau menjaga dan merawat ginjal mereka sebelumnya.

Oleh karena itu kita harus berusaha semampu kita, untuk menjaga dan merawat ginjal kita disaat tubuh kita masi sehat, ginjal kita masih sehat sebelum  kita menyesalinya disaat kita sudah sakit.

Untuk mengetahui bagaimana cara mudah merawat ginjal bisa dibaca DISINI.

Sudah tidak asing lagi mendengar orang-orang berbicara mengenai sakit ginjal yang diderita, baik oleh orang tersebut maupun oleh orang lain.

Bermacam-macam jenis penyakit yang menyerang ginjal, dari yang dikategorikan ringan sampai yang masuk kategori berat.

Semuanya berbahaya dan sangat menyakitkan jika tidak segera ditangani dan diobati, tentunya oleh yang ahli dibidangnya yaitu Dokter.

Berikut ini kami bagikan beberapa Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal, antara lain adalah :

Batu ginjal

Penyakit ini tidak asing ditelinga kita, karena sering kali terdengar orang-orang yang menyebutnya. Ada orang mengatakan bahwa dia kena batu ginjal, sabgian orang mengatakan, saudaranya kena batu ginjal.

Tetapi tahukah apa sebenarnya penyebab orang terserang sakit batu Ginjal? Batu ginjal ini terjadi disebabkan karena ada endapan garam kalsium didalam ginjal.

Efek dari orang yang terserang Batu Ginjal adalah terhambatnya jalan keluarnya urine sehingga menimbulkan rasa nyeri yang teramat sakit saat sedang kencing.

Cara mengobati penyakit batu ginjal adalah dengan pembedahan dan sinar laser. Mengapa harus dibedah, karena dengan dibedah maka akan bisa dikeluarkan dan k membuang endapan garam kalium.

Sedangkan cara termodern adalah dengan menembakkan sinar laser bertujuan untuk memecahkan endapan garam kalsiumnya, sehingga bisa endapan garam tersebut bisa larut bersama urine saat kencing.

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

 

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Hematuria

Hematuria merupakan penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal.

 

Gagal ginjal

Yang dimaksud dengan Gagal ginjal adalah saat dimana jika salah satu ginjal tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Karena Kegagalan salah satu ginjal tersebut maka fungsi tugas ginjal sepenuhnya akan diambil alih oleh ginjal lain.

Sehingga yang terjadi adalah beban kerja 1(satu) ginjal itu menjadi berat dan akhirnya tidak maksimal dalam proses penyaringan darah.

Efek samping yang lain akibat gagal ginjal ini adalah terjadinya terjadinya penimbunan urea dalam tubuh dan bila dibiarkan akan menyebabkan kematian.

Pada saat seperti ini, Gejala yang umum dan bisa dideteksi adalah tidak terjadinya pembentukan urine dengan baik atau yang disebut anuria.

Gejala seperti ini dapat menimbulkan uremia, yaitu peristiwa terbawanya urine ke dalam aliran darah karena diakibatkan adanya kebocoran pada salah satu saluran dalam neforn. Nefron adalah struktur mikroskopis berbentuk tabung pada ginjal yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah

Tindakan yang bisa dilakukan menurut Dokter bagi penderita gagal ginjal untuk melakukan cuci darah atau cangkok ginjal.

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Radang Ginjal (Nefritis)

Nefritis atau lebih dikenal dengan Radang ginjal biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada nefron terutama pada glomerulus dan penyebabnya adalah karena  infeksi bakteri.

Dengan rusaknya nefron ini sehingga mengakibatkan urine yang harusnya keluar tetapi masuk kembali kedalam darah,  dan itu menyebabka penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan pada daerah kaki.

Gagal ginjal ini terkadang disebabkan oleh adanya bakteri Streptococcus. Penderita Gagal ginjal bisa disembuhkan dengan cara cangkok ginjal ataupun dengan cara cuci darah secara rutin.

Proses Cuci darah terkadang dilakukan hingga sampai penderita mendapatkan donor ginjal yang cocok dan memiliki kesesuaian jaringan dengan organ penderita gagal ginjal.

Glukosuria

Selanjutnya adalah Glukosuria yaitu penyakit ini ditandai dengan adanya glukosa dalam urine. Dimasyarakat glukosuria lebih dikenal dengan sebutan penyakit gula atau Kencing manis (Diabetes mellitus).

Penyebab Kadar glukosa dalam darah meningkat yaitu karena kekurangan hormon insulin. Sehingga Nefron tidak mampu menyerap kembali mengakibatkan kelebihan glukosa dan terbuang bersama urine.

Albuminuria

Albuminuria Merupakan penyakit yang yang memiliki ciri-ciri ditujukkan dengan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebab utamanya yaitu karena adanya kerusakan pada alat filtrasi.

Nefritis Glomerulus

Nefritis glomerulus adalah radang membran filtrasi glomerulus di dalam korpuskulum renalis. Penyebab utama radang secara umum yaitu reaksi alergi terhadap racun yang dilepaskan oleh bakteri streptococcus yang menginfeksi bagaan tubuh lain, khususnya tenggorokan.

Tanda-tanda dari Nefritis glomerulus adalah dengan kenaikan permaebilitas membran filtrasi dan akumulasi sel sel darah putih di daerah membran filtrasi.

Hal ini mengakibatkan sejumlah besar protein plasma memasuki urine. Dengan adanya protein plasma meningkatkan tekanan osmotik filtrat urine, akhirnya volume urine meningkat dan menyebabkan gagal ginjal.

Tersedia cara menurunkan kolesterol baca Disini

 

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Sistisis

Sistisis yaitu radang pada kantung kemih terutama bagian mukosa dan sub mukosa. Penyebannya utamanya adalah terjadinya infeksi oleh bakteri, zat kimia, atau luka.

Pielonefritis

Pielonefritis berarti radang seluruh bagian ginjal, jadi kerusakan yang sudah fatal. Dan Kerusakan ini sering diawali dengan infeksi bakteri pada pelvis ginjal dan kemudian melebar ke bagian utama ginjal.

Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal

Diabeter insipidus

Penyakit Diabetes insipidus terjadi dikarenakan tubuh kekurangan hormon antidiuretik (ADH), sehingga ini mengakibatkan pengeluaran urine berlebih. Penyakit Diabetes insipidus bisa diatasi dengan pemberian ADH sintetis melalui suntikan, dihirup, atau pun tablet.

 

Anuria

Anuria Adalah kegagalan kerja ginjal dalam mensekresikan urine, hal ini disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi atau radang glomerulus hingga akhirnya plasma darah tidak dapat masuk ke glomerulus.

Penyakit Polisistik

Penyebab utama dari Polisistik karena terjadi kerusakan sistem saluran ginjal yang merusak nefron dan akhirnya menghasilkan pembesaran seperti kista (Benjolan) sepanjang saluran ini.

Demikian Daftar Penyakit Berbahaya yang Menyerang Ginjal, semoga kita sehat selalu dan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut diatas.

Berikan komentar untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda dalam berkomentar akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Tersedia cara menurunkan kolesterol baca Disini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.