Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 2021

Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 2021

Totoks.comSyarat CPNS 2021, SSCN.BKN.GO.ID, Pendaftaran CPNS 2021 lulusan SMA SMK D3 S1 yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang ingin menjadi ASN.

Informasi syarat dan cara pendaftaran CPNS 2021 untuk Lulusan SMA SLTA SMU SMK D1 D2 D3 S1 S2 Sarjana merupakan salah satu yang menjadi perbincangan.

Diperlukan informasi terkait petunjuk Panduan cara daftar calon pegawai negeri sipil Kementerian, badan, pemda provinsi kabupaten kota, pedoman cara mendaftar online, alur pendaftaran, Mekanisme cara mendaftar CPNS 2021.

Perlu di ketahui bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, Cara pendaftaran CPNS Online 2021 hanya melalui website resmi SSCN.BKN.go.id, Alur pendaftaran CPNS 2021 hanya dilakukan lewat SSCN.BKN go.id.

Baca juga :

Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMK SMA D3 S1.

Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS DEPHUB KEMENHUB.

Petunjuk Dan Syarat Daftar CPNS Kemenag Kementerian Agama.

Cara Mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2021.

Admin juga sangat menyarankan, untuk membaca Tata cara daftar CPNS Kemenkumham seputar informasi pada pendaftaran tahun lalu, agar dapat memahami petunjuk dan persyaratan pendaftaran CPNS 2021.

Setiap para pelamar CPNS harus tahu dan paham betul tentang tahapan-tahapan apa saja yang harus di lakukan dalam pendaftaran CPNS Kemenhub tahun 2021.

Jumlah formasi kebutuhan CPNS di Kemenhub 2021 semoga bisa lebih banyak lagi, Silahkan lakukan persiapan untuk mendaftar.

Cara daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1

Semoga tahun ini jumlah formasi yang tersedia pada lowongan CPNS Kemenag bisa lebih banyak lagi, sehingga dapat memberikan peluang yang lebih banyak kepada peserta untuk bisa lulus seleksi.

Berikut ini akan admin kami sampaikan kembali tentang Syarat Dan Petunjuk Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1.

Selanjutnya admin akan bagikan kembali informasi tentang Petunjuk Cara Daftar CPNS Kemenhub tahun 2021.

Semoga bisa memberikan informasi dan gambaran awal untuk anda yang sedang mencari informasi tentang pendaftaran CPNS Kemenhub tahun 2021.

Semoga tidak banyak perubahan yang di lakukan mengenai Petunjuk Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1 dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021.

 

Syarat Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1.

 

Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 2021 pendaftaran cpns 2021 lulusan smk cpns lulusan sma 2021 syarat pendaftaran cpns lulusan sma pendaftaran cpns 2021 lulusan sma cara daftar cpns 2021 lulusan sma syarat cpns 2021 lulusan sma cpns 2021 sma cara daftar cpns 2021 lulusan smk

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2021.

Registrasi dilakukan secara online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga.

Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilaksanakan secara online melalui laman website resmi https://sscn.bkn.go.id.

Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas dengan ukuran masing-masing berkas maksimal 300 KB (kilobyte) dengan berjenis PDF File:

1.Scan Asli Ijazah;

2.Scan Asli Transkrip Nilai;

3.Scan Asli Sertifikat Pendukung sesuai dengan kebutuhan yang dipersyaratkan formasi;

4.Scan Asli Kartu Tanda Penduduk;

5.Scan Asli Kartu Keluarga;

6.Scan Asli Surat Akta Kelahiran, KTP Bapak Kandung dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa (untuk formasi jabatan khusus Putra / Putri Papua dan Papua Barat);

7.Scan Asli Surat Lamaran dan Surat Pernyataan yang di tandatangani di atas materai sesuai format dalam lampiran pengumuman ini;

8.Pas photo ukuran 3 x 4 berjenis JPEG File.

9.Surat Keterangan Tanda Lulus Sementara tidak berlaku;

Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran;

Syarat Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1.

Kriteria Pelamar CPNS 2021 adalah :

Kriteria Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude / dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A / Unggul dan Program Studi terakreditasi A / Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / pujian pada ijazah atau transkip nilai;

Kriteriaa Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas / berkebutuhan khusus / memiliki keterbatasan fisik dengan kriteria :

– mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik;

– mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi;

– mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.

Kriteria Putra / Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan

SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan fotocopy Ijazah yang dilegalisir atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak kandung) asli Papua yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, fotocopy KTP bapak kandung dan surat keterangan hubungan keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa;

Kriteria Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.

Syarat Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1.

Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

Tahapan Seleksi CPNS 2021.

1.Seleksi dengan sistem gugur yang meliputi :

2.Seleksii Administrasi;

3.Seleksii Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%;

4.Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60%, yang terdiri dari :

Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 2021

Sistem Kelulusan CPNS 2021

Kelulusan seleksi administrasi :

Kelulusan seleksi administrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah sesuai dengan persyaratan pendaftaran;

Hasil kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia.

Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian.

Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;

Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan;

Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Petunjuk Syarat Dan Petunjuk Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA D3 S1/SLTA/SMU/SMK D2 D3 dan S1 Sarjana.

Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 202

1. Pendaftaran CPNS 2021

Q: Apakah SSCASN itu?

A: SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional.
SSCASN dapat diakses dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id

Q: Bagaimana cara mendaftar Seleksi CPNS?

A: Untuk mendaftar Seleksi CPNS, silahkan masuk ke halaman https://sscn.bkn.go.id

Q: Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi CPNS?

A: Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi.

Q: Bagaimana jika data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP, Tanggal Lahir sesuai KTP saya tidak ditemukan/tidak sesuai di halaman Akun?

A: 1. Pendaftar menghubungi Dinas Dukcapil Kab/Kota masing-masing untuk konsolidasi data dan
2. Menghubungi call center Halo Dukcapil, dengan mengirimkan data sesuai format berikut:
# NIK
# Nama_Lengkap
# Nomor_Kartu_Keluarga
# Nomor_Telp
# Permasalahan

Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil:
Hotline : 1500537
WA : 08118005373
SMS : 08118005373
Email : [email protected]

Q: Bagaimana pengisian data “Nama” yang benar?

A: “Nama” yang diisikan adalah sesuai nama yang tertera pada ijazah tanpa gelar.

Q: Bagaimana bila saya salah memasukkan “Nama” identitas saya?

A: Identitas “Nama” tidak dapat diubah setelah klik “Akhiri Pendaftaran” dihalaman di SSCN, namun dapat diperbaiki ketika Anda telah lulus seleksi CPNS dengan melampirkan “Nama” yang sesuai pada ijazah tanpa gelar.

Q: Apakah saya dapat melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?

A: Untuk formasi CPNS tahun 2019, setiap pelamar CPNS HANYA dapat mendaftar 1 (satu) formasi jabatan pada 1 (satu) instansi dalam 1 (satu) kali periode pendaftaran.

Q: Apakah yang dimaksud dengan periode pendaftaran?

A: Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu dimana beberapa instansi yang membuka pendaftaran pada periode yang bersamaan.

Q: Apa yang dimaksud dengan formasi khusus?

A: Formasi khusus adalah formasi lain yang diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 yaitu:
1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude;
2. Diaspora;
3. PenyAndang Disabilitas;
4. Putra/Putri Papua dan Papua Barat; dan
5. Tenaga Pengamanan Siber (cyber security).

Q: Bagaimana jika kode Captcha tidak terbaca atau tidak tampil?

A: Lakukan clear history (bersihkan riwayat dan cookies) kemudian refresh browser Anda.

Q: Bagaimana jika data tempat lahir saya tidak ada di referensi?

A: Data tempat lahir yang digunakan sampai pada Daerah Tingkat II (Kab/Kota) pada saat Anda lahir dan bukan data wilayah pemekaran saat ini. Pastikan data tempat lahir yang Anda ketikkan benar. Jika masih membutuhkan penambahan referensi maka dapat melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan menuju ke halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn

Q: Setelah melakukan pendaftaran akun SSCN 2019, apakah bisa langsung login untuk melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

A: Setelah melakukan pendaftaran akun SSCN 2019, maka Anda dapat langsung melakukan pengisian biodata pendaftaran dengan login menggunakan NIK serta password yang sudah dibuat di halaman akun.

Q: Dapatkah saya mengganti/membatalkan instansi yang telah saya pilih?

A: Anda dapat mengganti instansi yang telah Anda pilih selama Anda belum mengklik tombol “Akhiri Pendaftaran”.
Apabila Anda telah mengakhiri pendaftaran, Anda tidak dapat melakukan perubahan kembali.

Q: Apakah instansi yang ingin saya lamar menyediakan lokasi test di daerah saya?

A: Silahkan menghubungi instansi yang Anda lamar untuk memastikan lokasi test.

Q: Bagaimana jika muncul informasi “NIK sudah terdaftar” ketika membuat akun pendaftaran?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “NIK didaftarkan orang lain” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Q: Bagaimana jika Perguruan Tinggi saya tidak tersedia di referensi?

A: Silahkan akses halaman Helpdesk SSCN di https://helpdesk.bkn.go.id/sscn kemudian pilih menu “Perguruan Tinggi Tidak Ditemukan” dan lengkapi form isian yang tersedia.

Q: Bagaimana jika Program Studi saya tidak tersedia di referensi?

A: Silahkan pilih “Lain-lain” di kolom program studi, lalu lanjutkan pendaftaran ke tahap selanjutnya.

Q: Bagaimana cara mengecek lowongan informasi yang tersedia?

A: Silahkan akses halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id dan kemudian pilih menu Layanan Informasi -> Info Lowongan kemudian lengkapi form isian yang dibutuhkan.

Q: Apa yang dimaksud dengan masa sanggah?

A: Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi dan waktu tanggapan sanggah oleh instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan Instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.

Q: Apakah pelamar dapat mengajukan sanggahan?

A: Apabila setelah dilakukan pengumuman seleksi administrasi terdapat pelamar yang keberatan terhadap hasil keputusan Instansi, pelamar dapat mengajukan sanggahan paling lama 3 (tiga) hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Q: Kapan batas waktu pengumuman ulang Instansi setelah masa sanggah?

A: Apabila pelamar dapat membuktikan bahwa dokumen persyaratan yang telah diunggah/disampaikan telah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan oleh instansi, instansi wajib mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama 7 (tujuh) hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.
Dengan catatan, dokumen persyaratan yang digunakan untuk sanggahan, adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCN 2019.

Q: Bagaimana cara pelamar dapat melakukan sanggahan?

A: Anda dapat melakukan sanggahan pada halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id setelah pengumuman selekasi Administrasi.

Syarat Daftar CPNS Lulusan SMA SMK D3 S1 2021.

Demikian informasi ini, Berikan komentar untuk informasi yang belum kami sampaikan atau terlewatkan, kontribusi anda akan sangat bermanfaat kami dan pengunjung blog ini.

Jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga :

Cara Dan Syarat Daftar CPNS Kemenkes 2021 Lulusan SMA D3 S1.

Petunjuk Dan Syarat Daftar CPNS Kemenag Kementerian Agama 2021.

Cara Mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: